Dinas Pariwisata Kulon Progo Gelar Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah

Dinas Pariwisata Kulon Progo Gelar Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah

  • Di publish tanggal 2021-09-02 18:50:43
  • in Berita
  • Telah dibaca 234

Guna meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah di destinasi wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan “Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah” bagi para petugas kebersihan destinasi wisata Kulon Progo baik yang dikelola masyarakat maupun pemerintah pada Senin (30/8/2021) hingga Kamis (2/9/2021). 

Bertempat di Hotel Phoenix Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, pelatihan ini diikuti oleh 40 orang petugas kebersihan. Sebelum pelatihan dimulai peserta, narasumber dan panitia mengikuti swab antigen terlebih dahulu dalam upaya mencegah penyebaran virus COVID-19.

Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah kali ini menghadirkan narasumber dari berbagai unsur diantaranya akademisi, praktisi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu kebersihan lingkungan.

Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana membuka langsung kegiatan pelatihan ini. Dalam sambutannya, Fajar Gegana meyampaikan bahwa melalui pelatihan ini diharapkan wawasan petugas kebersihan destinasi wisata meningkat dan bisa berdampak pada kenyamanan wisatawan.

Wakil Bupati yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kulon Progo ini juga memberikan motivasi kepada para pelaku wisata untuk tetap semangat dan mempersiapkan destinasi wisatanya jika sewaktu-waktu dibuka kembali.

“Dalam masa pandemi ini, kita tetap semangat dan mempersiapkan destinasi wisata aman, nyaman dan siap dikunjungi wisatawan saat destinasi wisata dibuka kembali.” Ungkap Fajar Gegana.

Untuk menutup kegiatan pelatihan, peserta diajak untuk mengunjungi destinasi wisata Tebing Breksi guna maengamati langsung pengelolaan kebersihan di lokasi tersebut.